Performance Sakura Matsuri
IMG_6862
Japanese Culture Corner
IMG_6278



Omikoshii

Mikoshi atau shin'yo (神輿、御輿) (kuil portabel) adalah tandu yang dihias dengan megah seperti sebuah yagura, dan dipercaya dinaiki oleh objek pemujaan atau roh dari kuil Shinto di Jepang. Pada penyelenggaraan matsuri, mikoshi diusung beramai-ramai di pundak oleh para penganut, dan dibawa berpawai keliling kota.
Source: Wikipedia

IMG_5077



Mochitsuki Taikai
IMG_3503



Taiko

Kata taiko (太鼓) berarti "drum besar" dalam bahasa Jepang. Di luar Jepang, kata ini digunakan untuk merujuk kepada berbagai jenis drum Jepang (和太鼓, 'wa-daiko', "drum Jepang", dalam bahasa Jepang) dan kepada bentuk seni yang relatif belakangan dalam bentuk ansambel menabuh drum (kadang-kadang lebih khusus disebut, "kumi-daiko" (組太鼓).
Source : Wikipedia
IMG_7556
Miss Sakura

Sebagai salah satu tema acara “SAKURA Matsuri” kali ini, kami merencanakan “Miss SAKURA Contest”. Dalam kegiatan ini, seorang wanita sebagai perwakilan dari para karyawan Indonesia yang bekerja di perusahaan atau restoran Jepang yang berada di daerah Cikarang dan sekitarnya untuk tampil dalam pemilihan “Miss SAKURA”. Melalui kontes ini, diharapkan akan lebih mempererat hubungan antar perusahaan atau restoran Jepang yang berada di daerah Cikarang dan sekitarnya. Para pendukung /supporter dapat mengikuti pertunjukan pada masing-masing babak.

IMG_6891


Bon Odori

Bon Odori merupakan puncak dari semua festival musim panas (matsuri) yang diadakan di Jepang. Pelaksanaan Bon Odori memilih saat terang bulan yang kebetulan terjadi pada tanggal 15 Juli atau 16 Juli menurut kalender Tempō. Bon Odori diselenggarakan pada tanggal 16 Juli karena pada malam itu bulan sedang terang-terangnya dan orang bisa menari sampai larut malam. Pada umumnya, Bon Odori ditarikan bersama-sama tanpa mengenal jenis kelamin dan usia di lingkungan kuil agama Buddha atau Shinto. Konon gerakan dalam Bon Odori meniru arwah leluhur yang menari gembira setelah lepas dari hukuman kejam di neraka.
Source : Wikipedia

IMG_5474
Awa Odori

Tari Awa (阿波踊り: Awa Odori) adalah tari asal Provinsi Awa (Prefektur Tokushima), Jepang yang ditarikan secara beramai-ramai di berbagai kota dan desa di Prefektur Tokushima untuk menyambut perayaan Obon. Setiap tahun tanggal 12-15 Agustus, tari Awa dilangsungkan di tengah kota Tokushima.

Penari Awa menari dalam kelompok-kelompok yang disebut ren sambil berpawai di jalan-jalan. Satu kelompok penari bisa terdiri dari lusinan penari. Tari Awa adalah sejenis Bon Odori. Penari wanita menari dengan posisi tubuh tegak dan tangan yang digerak-gerakkan di atas kepala. Pria menari dengan pinggul direndahkan, serta gerakan tangan dan kaki yang dinamis.
Source : Wikipedia